Cara Menganalisa Jalur dan komponen Handphone

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Analisa Jalur dan Komponen handphone menggunakan Multitester. Komponen inilah yang rentan dengan kerusakan dan masalah-masalah lain pada handphone. Baik kita langsung saja kita simak :


1. IC PA (POWER AMPLIFIER)

Untuk pengecekan jalur VBatt IC PA ini kita gunakan multitester pada kalibrasi X1.
Caranya:
Kalian hubungkan kabel merah (+) dari multitester ke konektor baterai positif (+) pada papan PWB dan kabel hitam (-) multitester pada konetor baterai negatif (-), perhatikan jarum akan bergerak. Nah Kalau jarum nya tidak bergerak berarti ada putus jalur (cek jalur VBatt sampai IC PA).

Kemudian pengecekannya dibalik kabel merah(+) ke konektor negative(-) baterai, dan kabel hitam ke konektor positif(+) baterai, perhatikan jarum harus diam dan tidak bergerak. Nah maka ini menandakan bahwa jalur positif VBatt ke IC PA dalam keadaan baik atau sehat, tapi jika analisa tidak seperti diatas atau jarum bergeran maka jalur positif VBatt ke IC PA akan terjadi hubungan singkat (short) atau konslet.

2. IC POWER SUPPLY

Kalian atur kalibrasi pada X1, hubungkan kabel hitam (-) multitester pada konektor baterai positif(+) dan kabel merah(+) pada kaki positif(+) ELCO yang berhubungan langsung dengan arus masuk ke IC P S , Coba perhatikan dan pastika jarum bergerak, jika jarum bergerak berarti jalur dari positif baterai ke IC PS baik.

3.IC CHARGER

Atur kalibrasi pada DC10V. Lalu kalian hubungkan charger yang dialiri arus listrik kekonektor chager di handphone. Lalu hubungkan kabel merah (+) multitester pada konektor baterai positif(+) dan kabel hitam (-) pada konektor baterai negative(-), jarum akan menunjukkan nilai arus yang sesuai dengan tegangan yang ada pada baterai, berarti IC CHARGER dalam keadan baik.

4. IC INTERFACE

Atur kalibrasi pada X1. Kalian ubungkan kabel hitam (-) multitester pada konektor positif(+) baterai, dan kabel merah (+) pada salah satu kaki lampu, jika lampu menyala berarti IC INTERFACE dalam kondisi baik.

5. VIBRATOR

Atur juga kalibrasi padaX1 hubungkan kabel hitam (-) pada salah satu kaki vibrator dan kabel positif (+) pada kaki vibrator yang satunya, pastikan vibrator bergerak (bergetar) jika tidak bergerak, lakukan pengecekan terbalik dan pastikan vibrator bergetar.

6. BUZZER

Kalian atur kalibrasi pada X1, letakkan kabel hitam (-) padakonektor positif baterai dan kabel positif (+) pada salah satu kaki buzzer, jarum bergerak dan buzzer berbunyi, berarti jalur dan buzzer baik.

7. LAMPU LED

Kalian kalibrasi pada X1 hubungkan kabel hitam (-) padakonektor positif(+) baterai, dan kabel merah (+) pada salah satu kaki lampu, jika lampu menyala berarti jalur dan lampu dalam keadaan baik.

8. Condensator (ELCO)

Kalian atur kalibrasi pada X1, hubungkan kabel hitam pada (-) pada konektor positif(+) baterai, dan kabel merah (+) pada kaki positif(+) ELCO yang berhubungan langsung ke positif baterai, jarum bergerak berarti jalur ke ELCO baik.

9. MENGUKUR FUSE (SEKRING)

Atur kalibrasi pada x1, Hubungkan kabel merah (+) pada salah satu kaki R fuse, dan kabe hitam pada kaki satunya lagi, jarum akan bergerak berarti fuse dalam keadaan baik dan sebaliknya.

10. CARA MENGUKUR DENGAN MENGGUNAKAN MULTITESTER


  • Jika kalian mengukur jalur atau komponen menggunakan OHM METER (x1, x10, x100, x1K) maka jalur atau komponen handphone harus dalam keadaan mati tanpa arus.
  • Apabila pengukuran Arus DC (baterai) Maka kalian harus menggunakan kalibrasi pada DC Volt (10V, 50V, 100V, 250V) dan handphone harus dalam kondisi dialiri arus.


Demikian hanya itu penjejalas dari saya tentang Cara Analisa Jalur dan Komponen Handphone menggunakan Multitester, semoga artikel ini dapat membantu kalian menjadi bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, sampai jupa di artikel saya selanjutnya.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • LOVELYZ TRILOGY
    LOVELYZ TRILOGY 06 Februari, 2020 14:24

    ok min
    Lampu servis hp

Add Comment
comment url