Tutorial Mengubah Foto menjadi PDF di Aplikasi WPS Office

Saat ini, Kita dapat memenemui berbagai jenis file dokumen. Dari PDF, Word, PNG, JPG dan banyak lagi. Kebutuhan file file juga semakin banyak. Namun, kadang-kadang dalam manajemen administrasi, hanya perlu mengunduh dokumen dengan format file tertentu. Misalnya kita jadi butuh tutorial aplikasi untuk mengubah foto menjadi PDF di WPS Office.

Nah, WPS Office sendiri adalah aplikasi layanan digital untuk memfasilitasi berbagai tugas dengan perangkat lunak mulai dari file file desktop seperti PPT, DOC, XLS untuk mendukung akses ke jenis format file lainnya. Tersedia menarik, aplikasi ini tersedia untuk Android, Linux, Windows dan iPhone.

Penggunaan WPS OFFICE sebenarnya sangat mudah, tetapi untuk pemula mungkin masih memerlukan tutorial aplikasi multifungsi. Misalnya, Anda ingin mengedit file PDF, mengubah format file, atau menggabungkan beberapa file PDF dengan lebih nyaman. Menariknya, kegiatan dapat dilakukan dari smartphone kami.

Nah, bagaimana cara membuat foto menjadi PDF melalui aplikasi WPS Office yang dapat Anda lakukan menggunakan fungsi ekspor PDF. Bagaimana? 'Atau' Apa? YUKS SIMAK Tutorial aplikasi WPS Office berikut.

Tutorial Mengubah Foto menjadi PDF di Aplikasi WPS Office


Sebelum mengambil langkah-langkah untuk mengubah foto menjadi PDF, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu, yaitu pembukaan dan eksekusi  WPS Office di perangkat Anda. Dapat menggunakan ponsel Android, iPhone, PC atau Laptop.

Nah, tutorial mengubah foto ke PDF dengan WPS Office di HP Android adalah seperti ini :
  • Pertama tama, silahkan untuk membuka aplikasi WPS Office di HP Anda.
  • Kemudian di bagian beranda WPS Office, silahkan untuk ketuk simbol “tambah” yang umumnya berada di bagian bawah sebelah kanan layar.
  • Nah, setelah itu akan dimunculkan berupa jendela baru yang menampilkan beberapa pilihan menu dokumen mulai dari Doc, PPT, Xls dan lain sebagainya. Anda bisa pilih menu Doc lalu ke halaman kosong untuk bisa masuk ke halaman lembar kerja Word.
  • Langkah berikutnya silahkan pilih opsi “Pictures” untuk memasukkan foto yang Anda inginkan untuk diubah menjadi PDF. Anda akan diarahkan untuk bisa mencari file foto Anda di folder Handphone.
  • Apabila sudah berhasil menambahkan gambar, langkah selanjutnya adalah klik menu “Alat”, lalu cari pilihan opsi untuk “Berkas”. Nah, pada opsi tersebut, nantinya Anda akan menemukan pilihan untuk “Ekspor PDF”. Jika sudah menemukan silahkan klik.
  • Di bagian jendela untuk ekspor, jangan lupa untuk memilih tombol dasar apabila Anda hanya menggunakan aplikasi ini versi gratisnya. Namun, jika menggunakan versi yang premium maka Anda bisa pilih untuk hapus logo WPS supaya watermark dapat menghilang.
  • Terakhir, Anda tinggal pilih tombol “Ekspor ke PDF” untuk mulai memproses mengubah foto menjadi PDF yang Anda inginkan.
Sangat mudah? Nah, jika Anda menemui ukuran gambar atau foto yang diekspor, Anda tidak khawatir, langkah yang perlu Anda ambil adalah mengurangi ukuran gambar ke 200 KB terlebih dahulu. Yah, itu bukan hanya di sana, Anda juga harus tahu tips lain sehingga hasilnya diubah menjadi PDF tetap jelas dan tidak merusak kualitas objek foto yang ditampilkan.

Sebagai berikut adalah tips yang bisa Anda perhatikan sebelum mengubah foto menjadi PDF di aplikasi WPS Office, yuk simak.
  1. Seperti yang sudah disinggung diatas, jika ukuran foto atau gambar terlalu besar, lebih baik ubah ukuran foto terlebih dahulu supaya nantinya ukurannya bisa sesuai dengan yang Anda butuhkan.
  2. Nah, sebelum mengekspor, Anda perlu tahu kalau WPS Office versi gratis akan menampilkan watermark pada PDF yang Anda buat. Nah, untuk menghapus watermark tersebut, Anda harus upgrade ke versi WPS Office berbayar atau premium terlebih dahulu.
  3. Untuk menghasilkan foto atau gambar dengan kualitas yang baik sewaktu di ekspor ke PDF, sebaiknya Anda edit terlebih dahulu.
  4. Apabila kebetulan foto yang sudah Anda kerjakan lupa atau tidak sempat disimpan, Anda bisa memulihkannya dengan menggunakan fitur “Pulihkan” yang berguna untuk mengembalikan file yang belum tersimpan.
  5. Sederhana namun penting diingat juga adalah jangan lupa melakukan update aplikasi supaya fitur di dalam WPS Office bisa digunakan secara maksimal. Jangan sampai ketika Anda sudah selesai edit dan ubah foto ke PDF namun fitur fiturnya belum diperbaharui karena aplikasi belum di update.
Sekarang Anda tidak perlu lagi bingung jika Anda ingin mengonversi gambar Anda menjadi PDF online dan offline. Tidak hanya lulus dari format gambar dalam format PDF, Anda dapat melakukan format PDF dalam format PNG atau JPG, Word dalam format PDF, PDF ke Word, Excel, PPT, Doc, atau JPEG, PNG dan banyak lainnya. Silakan coba dan saya berharap dapat membantu.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Boygalih
    Boygalih 24 Februari, 2022 06:12

    Heeeee

    • Giik4You
      Giik4You 25 Februari, 2022 04:51

      🗿

Add Comment
comment url